Jangan Dibiarkan, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Ruam Popok Muncul Pada Bayi


April 6, 2019

Seperti yang sudah Anda tahu, kulit bayi memang berkali-kali lebih sensitif jika dibandingkan dengan orang dewasa. Itu artinya, maka Anda sebagai orang tua harus lebih selektif ketika memilihkan segala sesuatu yang akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi, contohnya pakaian hingga popok.

Tidak sedikit bayi yang mengalami ruam popok dan gatal di selangkangan karena popok yang Anda pilihkan tidak sesuai dengan kondisi kulit bayi. Kalau sudah terlanjur begini, apa yang harus Anda lakukan? Tidak perlu langsung khawatir, ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan menghilangkan ruam popok:

  • Cari Tahu Dulu Apa Penyebabnya

Agar tidak melakukan kesalahan yang sama, ada baiknya Anda mencari tahu dulu penyebab dari munculnya ruam popok atau gatal di selangkangan pada bayi. Kondisi ini biasanya muncul pada bayi yang berusia 9 hingga 12 bulan. Sedangkan beberapa penyebab utamanya ialah berupa:

  1. Terlalu lama menggunakan popok yang sudah kotor
  2. Mencoba makanan baru. Hal ini karena makanan baru bisa mempengaruhi kotorannya.
  3. Popok yang terlalu ketat
  4. Memiliki kulit sensitif
  5. Iritasi terhadap produk, dan lain-lain.
  • Pastikan Tangan Anda Bersih Ketika Akan Mengganti  Popok

Jika sudah tahu apa penyebab dari munculnya ruam popok, kini barulah waktunya Anda mulai untuk melakukan pencegahan dan penanganan. Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa tangan Anda sudah dalam keadaan bersih ketika akan mengganti popok.

  • Langsung Ganti Popok Ketika Bayi Buang Air Besar

Penanganan yang satu ini bisa dikatakan yang paling penting untuk menghindarkan bayi dari gatal dan juga ruam popok. Ini karena, jika Anda menundanya lebih lama, maka bakteri dan hal buruk lainnya yang berasal dari kotoran bayi akan semakin lama bersentuhan di kulit, dan semakin memperparah keadaan gatal dan ruam di sekitar selangkangan.

Baca Juga :  ´╗┐Tampil Keren Dan Stylist dengan Semir Rambut

Ketika akan mengganti popok, sangat disarankan untuk mencuci area yang terkena kotoran dengan sabun bayi dan mengusap-usapnya dengan lembut. Jika memang tidak memungkinkan untuk menggunakan air, maka Anda bisa memanfaatkan tissue basah khusus untuk bayi.

  • Menggunakan Salep atau Krim

Tidak sedikit ibu yang memutuskan untuk menggunakan salep atau krim untuk lebih cepat menyembuhkan ruam popok. Ketika akan membelinya, pilihlah salep yang memiliki kandungan zincoxide. Oleskan saja salep ini ketika area selangkangan bayi sudah dibersihkan, lalu tunggulah sebentar baru kemudian pakaikan popok yang baru.

  • Memilih Produk Popok yang Cocok

Urusan yang satu ini memang susah-susah gampang, ada yang baru pertama memilih produk dan langsung cocok dengan kulit bayi, namun ada juga yang harus memilihnya berkali-kali baru bisa mendapatkan popok yang benar-benar cocok. Jika begini, ada baiknya Anda untuk melakukan beberapa survei kecil-kecilan terlebih dahulu, sebelum akhirnya membeli popok yang lain.

  • Perawatan Ekstra Untuk Ruam Popok

Seperti yang Anda tahu, ada beberapa bayi yang mengalami ruam popok cukup parah hingga harus mendapatkan perawatan yang ekstra dari orang tuanya. Jika Anda salah satu orang yang mengalaminya. Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Memeriksakan bayi ke dokter
  2. Membeli semprotan khusus untuk membersihkan area selangkangan bayi
  3. Menggunakan popok yang ukurannya lebih besar dari yang seharusnya
  4. Memberikan waktu bagi bayi untuk tidak menggunakan popok selama beberapa hari.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua pada anak yang sedang mengalami ruam popok. Semoga bisa membantu Anda ya, mom.